Wafatnya Pegawai KPK di Mata Pengacara

JAKARTA, MONDIALNEWS – Forum Advokat Spesialis Tipikor (FAST), organisasi pengacara yang sering menangani kasus-kasus di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), menyampaikan turut berduka cita dan berbela sungkawa atas wafatnya pegawai KPK, almarhum Bapak Ferial Surya Wicaksana.

Ketua Umum FAST, RM Tito Hananta Kusuma, SH, MM, memiliki kenangan sendiri terhadap almarhum Bapak Ferial Surya Wicaksana yang sehari hari bekerja sebagai seorang admin penyidik KPK.

“Dimana di KPK ini, mekanisme penyidikan kasusnya, berbeda sekali, dengan penyidikan di kejaksaan dan kepolisian, yaitu dimana komunikasi dengan penyidik, tidak bisa langsung dilakukan penasehat hukum dengan para penyidik, akan tetapi komunikasi melalui admin penyidik. Almarhum Bapak Ferial Surya Wicaksana, ini adalah seorang admin penyidik yang pernah berkomunikasi dengan kami, didalam beberapa perkara. Dalam berkomunikasi, almarhum adalah orang yang sopan, yang profesional, yang selalu menyampaikan jadwal-jadwal pemeriksaan tersangka kepada kami sebagai pengacara dengan baik,” kata Tito.

Seingatnya, almarhum tidak pernah lupa memyampaikan jadwal pemeriksaan tahap dua, dimana terjadi pelimpahan perkara dari penyidik kepada jaksa, kepada pihak pengacara.

“Saya juga ingat, almarhum pernah dalam suatu perkara menghubungi saya, dalam tahap pelimpahan perkara yang sudah P-21, dimana berkas perkara dari Jaksa KPK dilimpahkan kepada pengadilan. Kami berdoa semoga almarhum yang merupakan sosok baik dan teladan sebagai pejuang KPK, dapat diterima di sisi-nya, dan juga kepada keluarga yang ditinggalkan, diberikan kekuatan untuk menghadapi kekuatan dalam menghadapi cobaan kehidupan ini,” tukas Tito.

Seperti diketahui, FAST kerap menangani kasus-kasus korupsi di KPK seperti kasus-kasus korupsi yang melibatkan Janes Karubaba (mantan Kepala Distamben Papua), Irman Gusman, Anggoro Wijoyo (Pengusaha PT. MASARO), perkara PT. Bursa Berjangka Jakarta (Komisaris, Direktur PT. BBJ), perkara Ir. Jero Wacik, SE (eks Menteri ESDM), Fuad Amin Imron (eks Bupati Bangkalan Madura), mantan Dirjen Agama Budha, Joko Wuryanto, perkara Amran Batalipu (eks Bupati Buol Sulawesi  Tenggara), PT. The  Master  Steel (Pemerasan Pajak), kasus Kimia Farma,Tbk.

FAST sendiri beranggotakan advokat senior, diantaranya, Dewan Pembina FAST, Bapak Doktor Susilo Ari Wibowo, dan disupport oleh advokat advokat senior seperti RM. Nico Hananto Putra, SH, SE, Supri Hartono, SH, CLA, Hasan Basri, SH, MH, Antonius Eko Nugroho, SH, C.Med, Fery Ferdinal, SH, SE, Darul Akram, SH, M.Malki.SH, dan Artha, SH. Sebelumnya, almarhum Bapak Ferial Surya Wicaksana, meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di Intensive Care Unit (ICU).

“Innalillahi Wa Innailahi Rojiun, telah meninggal dunia Alm. Ferial Surya Wicaksono usia 34 Tahun (Admin Direktorat Penyidikan KPK) pagi ini pukul 06.48 WIB,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, dalam pesan tertulis, Kamis (28/1).

“Informasi yang kami terima, almarhum sebelumnya berjuang di ICU karena Covid-19,” sambungnya. (kinanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *